Kimiawan: Copernicium, Unsur Baru Dalam Sistem Periodik

Minggu, 27 Januari 2013

Copernicium, Unsur Baru Dalam Sistem Periodik


Jika anda melihat gambar di sebelah ini, mungkin anda akan teringat akan sebuah simbol unsur dalam tabel periodik. Tapi tahukah anda bahwa unsur tersebut adalah unsur terbaru yang telah "diciptakan" oleh Tim peneliti "Helmholtz Center" yg berpusat di negara Jerman dan diberi nama Copernicium (Cp). Sebenarnya apa sih dibalik inisiatif pemberian nama unsur copernicium tersebut? Yuk kita cek sama-sama..

Menurut Ketua penelitian tersebut, Hofmann Sigurd, pemberian nama unsur tersebut terinspirasi oleh Ilmuwan terkemuka dunia, Nicolaus Copernicus (1473-1543), yang menurutnya telah berjasa besar merubah paradigma manusia dalam memandang dunia.Pada saat itu Copernicus berpendapat bahwa Bumi bukanlah pusat dari semesta, akan tetapi bumi berputar mengelilingi matahari.

 Berdasarkan BBC News Edisi 2009, disebutkan bahwa sebenarnya unsur Copernicium telah ditemukan 16 tahun yang lalu (1996) oleh Tim peneliti "Helmholtz Center" di Jerman, akan tetapi baru diberi nama dan dimasukkan pada sistem periodik unsur pada tahun 2009 lalu. Awalnya ada yang mengusulkan kalau unsur tersebut lebih baik diberi nama Hoffmanium ( diambil dari nama ketua tim peneliti Hoffman Sigurd), akan tetapi dengan tegas Hoffman menolak dan mengatakan bahwa nama Copernicium (Cn) lebih bagus mengingat jasa Tokoh Ilmuwan tersebut bagi dunia.



Mungkin sebagian dari kita sempat kebingungan dan bertanya-tanya tentang simbol dari unsur copernicium tersebut. Nah disini saya akan menjelaskan bahwa baik Cp atau pun Cn sama-sama merupakan simbol dari unsur copernicium. Akan tetapi ada alasan khusus kenapa dibuat dua versi simbol unsur tersebut. Pada awalnya Copernicium diberi simbol Cp, akan tetapi dikarenakan Cp terlalu mudah diasosiasikan dengan unsur cassiopeium (cassiopium), yang dikenal dengan Litetium (Lu) dan juga berasosiasi dengan senyawa organometallic yg bernama cyclopentadienyl ligand. Oleh sebab itu, maka disepakati pemberian simbol alternatif untuk unsur copernicium, yaitu Cn. Jadi, baik Cp maupun Cn boleh kita gunakan asal kita merujuk pada unsur copernicium.